All Content

Arie Kriting Mungkin Ada Benarnya

Raditya Dika51 views
0:00

Hari ini bersama Ari Kriting.

0:02

Duh, temen lama lagi nih.Hormat, hormat.Apa kabar?

0:04

Baik, Alhamdulillah.Terima kasih Bang Radit sudah boleh mampir ke sini lagi.

0:08

Kacamata baru.

0:10

Saya sudah mau lepas, tadi katanya bagus, bagus, bagus.

0:13

Nggak, tadi kan dari tadi kan pas ketemu lo di luar, eh lucu banget kacamata lo kan gue bilang gitu.Pas sampai sini mau dipakai dilepas, dipakai dilepas kayak ragu -ragu.

0:21

Betul, saya masih belum terbiasa ya dengan sebuah style.

0:24

Kenapa?

0:25

Ini dikasih siapa sih?Dikasih teman haikama kalau nggak salah.Lagi jalan terus, Bang mau kacamata nggak?Oh boleh deh mampirkan.Maksudnya merasa kayak yaudahlah karena diajak kan mampir.Pas kulihat ya ada yang bagus yang ini.

0:38

Aku suka warnanya kayak unik.Boleh Bang ambil aja gitu.

0:41

Oh dibayarin.

0:42

Iya.Oke.

0:43

Ini ada minus plus?

0:45

Sebenernya harusnya sih plus satu.Oh tapi ini nggak ada minus.Cuma aku belum sempat ganti kaca.Kalau ini masih normal dulu nih.

0:52

Oh gitu.

0:52

Iya masih membiasakan dulu.Menjasakan dulu.

0:56

Ada orang kayak gitu ya?

1:01

Gue biasain dulu pake gitu.

1:03

Kenapa Rie?Kenapa Rie?Gak tau.Kayaknya saya jarang banget pake kacamata.Sehingga?Saya tuh jarang banget kacamata.

1:11

Jadi maksudnya...Aneh gitu buat lo gitu?Aneh, aneh.Jujur gak pede membawakannya.

1:16

Lebih karena ini ada warnanya atau memang pake kacamatanya?Karena pake kacamatanya.

1:22

Kayaknya karena pake kacamatanya.Saya tuh kadang -kadang aja baca buku kalo harus pake kacamata itu kayak risih gitu.

1:29

Kayak, ah entar aja deh.Karena udah plus kan?Udah plus.Oh, dirumah berarti ada kacamata baca?Ada kacamata baca.Plus satu.

1:36

Oh.Terang itu.Biasanya kayak gini tuh burem?Enggak.Sejauh mana?Coba -coba.

1:41

Kalo plus satu itu sejauh mana?Gue plus satu setengah soalnya.Paling buram?

1:50

Sebenernya saya tuh tulisan paling kecil pun tuh masih kebaca.

1:53

Sebenernya.Berarti bisa baca ga itu?

1:56

Bisa.Lebih ke tulisan gue jelek ya.Sebenernya, tapi kan jugatau ini jelek.Bukan masalah buram.Kalau buram kan saya ga tau ini jelek.

2:07

Bisa, cuman lebih jelas.Ternyata kalau plus satu itu cuman lebih jelas.Jadi kayak apa, kayak kalau normal itu tulisan tuh kayak ga ada pinggirannya gitu loh.Kalau normal, nggak ada blur -blurnya di sisi -sisinya.Tapi kalau pakai kacamata itu, plus 1 itu ternyata pas pakai kacamata tuh jernih banget.Jernih ya?

2:27

Gue segini udah buram.Nih, segini buram nih.Segini nih, ini enak nih.Ini udah jauh nih.

2:34

Iya, iya.Tapi bisa kebaca kan?Burem tapi bisa kebaca kan?Bisa tapi pusing banget.

2:40

Iya, capek.

2:41

Menelahkan ya?Iya.

2:42

Berarti itu perubahan, salah satu perubahan lu nih.Terakhir kita ketemu kan lu belum ngomongin kacamata?Belum, belum.

2:53

Nah ini umur 40 baru tahun ini?41 saya tahun ini.

2:57

Sudah

2:57

41. Jadi tahun lalu 40?

2:59

Tahun lalu40. Gila.Tahun lalu saya sudah plus sih.Tapi kayak sebelah doang.Kata yang ngetes itu kayak sebelahnya normal, sebelahnya plus tengah.Terus kemarin saya ngetes lagi sudah plus satu dua -duanya katanya.

3:12

Oh jadi dia nyusul.

3:14

Iya.Katanya sih kalau plus itu naik terus.Udah gak ada bahasa mundur katanya.

3:18

Iya.Karena lensa matanya kan udah tua kan.Iya.Dan kayak semakin umur 60 tuh mungkin akan plus 3 gitu tuh kayaknya sesuatu yang tidak bisa kita lawan lagi lah.Lu gak sedih tuh?Ngerasa ada satu bagian dari tubuh lu yang udah...

3:33

Sedih.Jadi umur 40 ini...

3:36

Nggak usah jauh -jauh deh.Lihat anak -anak umur SMA atau kuliahan awal -awal main futsal itu sedih.Saya tuh sekarang gampang sedih.Entah kenapa lu gampang sedih.Saya pernah duduk lihat anak -anak main futsal, terus lihat mereka body balance, tabrakan.bangun lagi lari gitu tuh kayak...

3:57

Gila, kita dulu main segitu yang sekarang udah gak mungkin.Ngejar bola aja ngos -ngosan kita sekarang.Dulu itu lari sekencang -kencangnya, nabrak orang, bangun, ketawa lagi.

4:06

Itu kayak momen itu udah lewat di hidup kita, bro.Iya lagi.Gue ngelewatin Citos kan, yang ada tempat futsal tuh.Orang main futsal, gue ngeliat kayak di body kan jatuh, langsung bangun.Itu gue ngebayangin kalau gue main futsal sekarang, di body jatuh.Tiduran aja kali ya?

4:22

Tiduran aja.Tiduran gini aja.Gak usah bangun aja.

4:24

Melihatnya saja tuh udah mengelelakan gitu.Apalagi melakukannya gitu kayak.Itu tuh kadang bikin iri.Sama juga liat orang jogging.Kalo yang masih bugar -bugar gitu kan.Dia makin jogging makin seger.

4:34

Ini pulang makin sehat badannya ini.Besok makin kuat nih.Saya jogging sedikit aja.Dua hari istirahat dulu.Iya lagi.Iya lagi.

4:42

Gue kalo nge -gym tiap hari tuh pasti flu.Hari ke -3, hari ke -4 tuh kayak...Ada linu.Iya, betul -betul.Itu entah kenapa.Maksudnya badan kita juga kayaknya, apa namanya, metabolismenya juga udah beda kayaknya ya.

4:55

Tapi ini jadi membuat lu lebih sering olahraga gak gara -gara tau kenyataan ini?Maksudnya nyiapin diri gak?Iya.Makanan dijaga gitu -gitu?Sebenarnya tidak 100 % juga, tidak drastis.

5:06

Kalau saya tuh tipikalnya yang kayak, udahlah badan dibujuk -bujuk aja pelan -pelan.Jadi saya tidak terlalu yang tiba -tiba panik dan ibaratnya makannya harus langsung sudah begini.Enggak.Olahraganya harus, enggak.Maksudnya biasanya nikmati sisa -sisanya juga nggak apa -apa lah.Iya, nggak apa -apa.

5:28

Ya lu sih waktu dulu protes.Soal?Ya kan gue ajak sepeda waktu itu.Bos, anda terlalu ngajak sepedanya, tapi bener sih.

5:37

Iya kan?Setelah saya ingat -ingat ya, kalau saya iya kan dan saya rutinkan itu, kayaknya saya lebih bugar dari hari ini deh.

5:44

Nah gue ingatnya juga pas lo ngomong di titik kumpul, gue baru ingat ada memory itu.Iya.Lo baru pertama ke Jakarta ya?Iya.

5:50

-awal Jakarta.

5:51

Terus gue ngajak Almarhum Babe makan sushi.

5:55

Ayo makan bareng yuk.

5:56

Terus kita ketemu di campfield.Terus pas pertama kali kita ketemu gue bilang, sepeda dulu yuk.Kita ya udahlah, senior kan.

6:04

Kita itu masih merasa kayak...Kayaknya saya inget -inget setelah saya pikir -pikir sekarang.Kan dulu saya sama Almarhum Babe bilang, Radit baik banget ya, dia jarang ngajak -ngajak orang kok ngajak kita berdua ya.Tapi setelah seinget -inget lagi, apakah pada hari itu kamu lagi butuh hiburan?Butuh hiburan, ngapain ya?Ngerjain 2 orang ini dah, siapa ya yang nyahut ya?

6:24

Hari keriting mbak BCB tau, waktunya saya lagi tinggal bersama tuh.Setelah memasuki era -era dunia hiburan, kayaknya Radit waktu itu lagi butuh wujudan.Dia lagi butuh seseorang untuk membuat dia bahagia.Kayaknya dia...Karena setelah itu kita nggak diajak lagi gitu.Paling main werewolf gitu.

6:41

Tapi kan gue ajak lagi.

6:42

Iya, main werewolf diajak lagi.

6:45

Cuman makan susi kenapa enggak?Sepeda kenapa enggak?Kayaknya hari itu dia hanya lagi butuh motivasi tambahan aja gitu.Aku sudah cukup kuat bersepeda.Gimana ya?Akanku panggil orang timur dan orang medan itu.

6:56

Untuk menunjukkan kalau saya lebih punya stamina daripada mereka berdua.Itu cakep banget tapi.Iya bener -bener.

7:02

Tapi jujur waktu itu memang pas lagi ada kelas.Jadi pas gue kejanjian sama kalian, pas banget ada kelas.Terus gue, apa gue ajak kalian aja ya?

7:11

Ini yang terlalu berastis, Bang.Ini yang terlalu berastis.Maksudku kayak, kenapa ngajak kita gitu?Tunda aja.Tunda aja itu lebih aman.

7:19

Eh, sorry ya gue lagi ada kelas.Kita sejam lagi baru ketemu.

7:22

It's fine, gitu.Kenapa tiba -tiba mengajak orang...Olahraga gitu.Itu -itu masih sampe sekarang saya tidak habis pikir gitu.

7:32

Sampai hari ini gue gak ada temen tau, main sepeda itu.Kan namanya RPM, kelas kan, kelas RPM.Tidak ada temen?Gak ada.

99.9% Accurate90+ LanguagesInstant ResultsPrivate & Secure

Transcribe all your audio with Cockatoo

Get started free
7:38

Menurut kalian kenapa ya?

7:42

Menurut kalian nih, kenapa ya?Ih semua nyiksa itu lho RPM itu.Tapi seru, tapi lu kan bisa ngatur sendiri ini nya.Gua sampe beli sepedanya buat di rumah.

7:55

Semenyenangkan itu di matamu.

7:56

Ada sepedanya di rumah?Sumpah saya dengan babe itu 3 hari ngangkang.

8:00

Sumpah dia tidak ketemu, dia tidak ketemu kita punya lutut.Enggak punya lutut?Enggak punya lutut, tidak ketemu kita.Kau juga Rik, aku juga.Weh memang.Itu dia hajar kita punya otot -otot apa ya disini.

8:11

Pokoknya itu linu banget, linu banget.

8:13

Karena gue ngajak lu main RPM kan, abis itu gue ngajak adek gue ikuti RPM, karena gue suka main RPM kan.Sama adek gue ilang abis itu.Enggak, enggak.Itu menyiksa, Bang.Anissa, Anissa juga ilang.

8:27

Tidak, itu tidak akan ada yang bersama -bersamaimu disitu, itu enggak.Padel ayo deh, padel.Padel itu ada serunya.Maksudnya, habis itu kayak pengen nyoba lagi ah, volley.Anak -anak suka tuh habis itu main volley lagi.

8:38

RPM itu siksa, sumpah siksa.Itu bagaimana sih ceritanya abang sampai suka itu?Suka karena kita diteriakin sama orang di depan, itu ngebuat kita lupa bahwa kita di tengah olahraga.Ayo Bang Radit, lagi Bang Radit.Ayo naikin, naikin.Gitu.

8:54

Lupa.Lupa.Karena kita diteriakin.Ada musiknya.Sebentar lagi kita akan menaiki tanjakan.Tanjakan.

8:59

Oh tidak.Tidak.Iya kan?

9:01

Setiap daya -dayanya gitu.

9:02

Masih tambah kita itu.Masih tambah orangnya.Kita turun pukul aja yuk.

9:07

Nah, sekarang gue di rumah.

9:09

Gue sambil nonton video Youtube.Yang si instruktur itu.Tapi bukan yang di tempat kita.

9:15

Maksudnya orang luar gitu.

9:17

Ngerakin -ngerakin kita.Jadi gue sambil nonton video Youtubenya.Sambil gue sepedaan di rumah.Ayo lagi, ayo lagi.Gitu.

9:25

Berarti lo nyamannya padel lah ya?Padel, masih mau fun -fun gitu.Yang ada game -nya.Itu tuh kayak tidak ada tujuan.

9:34

Tau nggak sih?Kayak kita mengayuh sekuat tenaga, tapi nggak nyampe kemana -mana itu menjengkelkan menurutku.Menjengkelkan.kalau kita mengayuh terus sampe di puncak terus kayak menikmati suasana wah nyampe juga se akhirnya itu mungkin masih ada perasaan gitu itu apa sih yang dituju sesakit itu gitu loh tapi emang kenapa gue ngajak kalian ya waktu itu ya itu bener -bener gak masuk akal sumpah bener abis itu kita makan sushi di bawah betul itu sumpah coba deh lakukan itu kepada siapapun kencan -kencan misalnya jadi gak masuk akal ya gak ngedate juga lah nonton yuk oke eh tapi kita sepedaan bentar Bro saya ada ini nih ada skenario, ayo kita obrolin bareng -bareng, ayo kita siapa tau bisa bikin film, oke.Tapi mau gak kalau kita sepedaan dulu?Aduh aneh banget sumpah.

10:17

Iya sepedaan itu aneh banget gitu.

10:20

Sepedaan itu aneh banget.Misal nih, Ri temanin makan susu yuk, ayo bang.Tapi gue nyari ke meja bentar, masih gampang gitu kayak, oke ayo.Kita juga bisa lihat -lihat, oh kemejanya bagus -bagus ya.Iya kan bisa turut menikmati.Tapi aku mau cari game bentar yuk.

10:36

Masih oke gitu.Main sepeda lho.

10:39

Terlalu berat untuk diselak gitu, tau nggak sih?Karena pada saat itu gue memang sering olahraga sama anak -anak.

10:47

Main futsal sama Regi.Regi kan dari Malang juga ya?

10:50

Main futsal, main apa gitu.Nah sepeda tuh salah satu permainan.Dan kebetulan kalian lah korbannya.

10:58

Foodstall itu menyenangkan, sumpah.Rih, mau gak abis foodstall kita makan susi?

11:02

Itu oke kan?Dan maksudnya gini, menu utama.

11:06

Setelah saya pikir -pikir lagi, harusnya kan yang menu utama itu yang prioritas dong.Berarti selipannya harusnya yang aktivitasnya lebih kecil dari itulah.Ya, karena menu utama kita tuh lagi mau makan susi.Nah, makan susi itu sesuatu yang jangan lebih berat dari makan susi dong.Harusnya itu dibalik gitu.Ri mau gak temenin gue main sepeda?

11:27

Abis itu kita makan susi.Ah gitu harusnya janjiannya kan?Ini gimana ya?Oke menunya berarti main sepeda nih.Oke mungkin berat.Tapi abis itu dikasih makan susi.

11:35

oke senang gitu.Emang ini gimana?Kan bener, abis sepeda kita makan susi kan?Bukan, tapi janjiannya komunikasinya nggak gitu.Ri, mau nggak kita makan susi?Oke, pergi kita makan susi.

11:45

Tapi mau nggak kita sepedaan dulu?Lebih berat aktivitas tambahan.Ya itu kan gak...Iya gak sih?Tau gak sih?Mentalitas kita kayaknya gak gini deh kalau janjian.

11:54

Mau nolak juga gak enak kalau baby ya.Mana baru pindah dari malang ya.Betul.

11:58

Kita juga kan kayak, oh berasa, oh diajar Bang Radit nih, enak nih.

12:02

Aduh astaga, astaga.

12:02

Menu tambahannya itu tuh udah gak masuk akal tuh.Bener, bener, bener.Mau gak kita nonton?Oke, oke, boleh.Pas sampai tempat nonton.Eh, tapi mau gak kalau kita perbaiki mobil dulu, bengkel?

99.9% Accurate90+ LanguagesInstant ResultsPrivate & Secure

Transcribe all your audio with Cockatoo

Get started free
12:14

Kayaknya pekerjaannya bukan ini deh.Harusnya ngajak memperbaiki mobil dulu gak sih?Baru ngajak nonton.Lu mau gak nemenin gua ke bengkel?Boleh.Nanti habis itu kita nonton.

12:25

Oke gitu kan?Ini enggak, ayo kita nonton.

12:28

Tapi bantuin gua benerin ginteng dulu ya.Atmosfisiknya berat banget itu, kaget.

12:35

Jujur itu kenapa jadi core memory di kami, karena itu kaget.Itu jadi core memory bang, itu jadi core memory kayak hati -hati kalau diajak makan radit deh, gitu.

12:42

Tapi kan dulu kita sering bareng juga, kan lu suka main ke rumah gua main werewolf.Inget gak ada satu masa dimana abis dari Suca, gua ketemu kalian di Kemang ya?Di salah satu tempat fast food lah kita di Kemang, kita main werewolf.

12:59

Sampai jam 3 pagi, 4 pagi.Itu udah kayak...Apa?Sekte?Udah kayak aliran sesat kita sumpah disitu.Semua tutup mata.

13:06

Semua tutup mata.Mainan itu menurutku, sampe sekarang belum ada yang gantiin sih.We're off ya?We're off.

13:13

Cuman, itu kan jaman pada belum nikah ya?Betul.Sekarang udah pada nikah, udah pada punya kesibukan.Lu ada banyak perubahan juga ya?

13:20

Tadi mata udah plus.Dan show lu ini yang sekarang nih, mungkin ada beneran.

13:24

Itu salah satu perubahan dari lu melihat banyak hal kan?Katanya gitu kan?

13:28

Iya, iya.Apa tuh?Kenapa show ini?Show stand up lo yang baru?Betul.Secara judul aja ini sesuatu yang mungkin orang...

13:36

Tadinya waktu saya putuskan untuk pakai judul ini, sempat ada masukan dari teman -teman gitu kan kayak, ini kan terlalu berjarak sama kamu nggak sih judulnya gitu?Kayak nggak ada angin, nggak ada hujan, tiba -tiba judulnya begini gitu.Nggak ada korelasinya sama saya lah.Tapi ternyata setelah rilis posternya, Ternyata banyak yang komentar, wah judulnya ini mungkin ada benarnya.Bang Arie sering banget ngomong ini di podcast.Ternyata banyak yang ngeh kalau kalimat ini justru sering saya lontarkan ketika lagi diskusi sama orang, ketika lagi ngobrol sama orang gitu.

14:13

Jadi ternyata saya pun tidak menyadari kalau ternyata kalimat ini cukup relate di mata beberapa orang gitu.Dan relate buat lu ternyata.Dan ternyata relate buat aku gitu.Jadi saya pake lah judul ini.Awalnya sih karena pengen buat sesuatu yang luas.Yang cakupannya lebih luas.

14:34

Karena show saya yang pertama itu kan Ilmu Hitam.Secara judul itu terlalu dekat.Maksudnya dengan brandingnya saya terlalu dekat.Maksudnya bukan begitu Bang Radit.Bukan terlalu dekat.Terlalu kenyataan.

14:45

Terlalu kenyataan.Terlalu dekat dengan stigma dan framingnya orang -orang terhadap saya lah gitu.Yang menikah pakai ilmu hitam, gitu -gitulah.Jadi ilmu hitam itu memang dualisme magna waktu itu kan.Sesuatu yang cukup identik sama saya.Jadi kayak sebelumnya saya mau bikin show yang berikutnya itu orang pintar.

15:04

Oke.Tapi kayaknya mainnya disitu -situ mulu.Secara karir itu kayak nggak tumbuh gitu menurutku ya.Kayak terkotak gitu.Jadi kayak udahlah saya bikin sesuatu yang agak luas, ya terlintas lah mungkin ada benarnya ini.

15:18

Ketika lo ngeluarin show Ilmu Hitam, terus banyak framing -framing orang soal lo menggunakan Ilmu Hitam,ada gak sih yang bener -bener percaya lo pake ilmu hitam?Netizen, atau siapa yang percaya banget gitu?Kayaknya ada deh.Oh kayaknya ada?Banyak deh.

15:40

Tapi ya, menurut ku ya, sulit dipercaya sih.Saya, dari konteks pernikahan ku aja ya, saya Waktu itu ya, ngekos.Tidak punya mobil, tidak punya motor.Dandanan kayak begitu.Terus, indah.Pemain utama kalau main drama, apa film gitu -gitu dengan karir yang lagi bagus.

16:03

Tiba -tiba mau menikah sama anak kos, tidak punya kendaraan.Kayaknya apa lagi kalau bukan ilmu hitam gitu.Saya tuh mengerti loh kalau mereka itu merasa itu ilmu hitam kayaknya memang masuk akal gitu.Saya juga tidak punya penjelasannya.Saya hanya bisa bilang tidak.Tapi, ya kalau misalnya mereka merasa, kayaknya itu gara -gara ilmu hitam deh.

16:22

Ya, tapi kan bisa jadi coy.Makin lama kan orang makin mengerti, kenapa indah menikahi Ari Kritin.Karena di video -video itu kan, kamu happy, kamu happy gitu.Ya kan?

16:36

Ya kan di video.Kamu kan tau kamera itu berpengaruh gitu kan.Oh tapi kan itu kan keliatan lu gak sadar ada kamera.Reflek, reflek, reflek.

16:46

Ya kan?

16:48

Reflek.Bukan red flek ya?

16:49

Reflek, reflek.Reflek.Ya itu memang kayaknya udah kebiasaan.Berarti artinya apa buat lu kebahagiaan indah tuh selalu yang utama.Jadi lu apa bawa dia ke suatu tempat lu selalu mikirin dia happy gak disini?

17:00

Dia happy gak disini?

17:01

Iya.Selalu kayak gitu?Hampir selalu kayak begitu.

17:04

Karena Nona itu kelihatan kalau dia nggak happy gitu.Terus saya kan kayaknya memang saya tipikalnya itu yang ngobrolan orangnya.

17:12

Jadi nggak bisa hanya ngelihat gitu.

17:14

Harus saya dengar.Oke.

17:16

Lo harus mendengar dia sendiri langsung ngomong, saya happy gitu?

17:19

Iya, mungkin.mungkin.Secara nggak langsung, saya tuh tipikalnya orangnya suka ngobrol.Sehingga... untuk mengkonfirmasi sesuatu itu, lebih suka saya dengar daripada sekadar saya lihat mungkin.Oke.

17:30

Pernah nggak dia bilang nggak happy?Pernah nggak?Kamu happy nggak?Aduh, agak nggak lagi gitu misalnya.

17:35

Nggak sih.

17:36

Nggak pernah?Nggak.Selalu happy jawaban dia?Betul.

17:39

Karena kayaknya ya, pertanyaan ini tuh saya lontarkan justru kalau saya lihat dia lagi happy.Kayaknya deh.Kayaknya.

99.9% Accurate90+ LanguagesInstant ResultsPrivate & Secure

Transcribe all your audio with Cockatoo

Get started free
17:44

Itu lebih ke validasi.

17:46

Validasi doang.Validasi doang.Karena kayaknya saya harus validasi deh gitu.Karena kalau misalnya dia lagi nggak happy kan kelihatan ya.Orang lagi gamut gitu.Indah itu salah satu orang yang sulit menyembunyikan ketidaksukaannya.

18:00

Dia tuh.Contoh?Pernah.Lebih kepada kayak film.Oh kayak film?Film.

18:06

Tuh.Kalo kayak ke premier gitu, aduh kalo dia udah ga suka filmnya tuh.Repot banget itu untuk kayak...Nutupin?Nutupin.Karena di interview.

18:15

Iya di interview.Jadi kayak...Oh, itu udah kayak saya harus lebih ini nih, lebih diplomatis nih.

18:22

Karena dia itu kayak, oh iya ya, apa ya, apa gitu.

18:26

Suka kayak tiba -tiba nyari -nyari gitu.

18:28

Contoh misalnya filmnya kurang bagus, dia nggak suka.Dia kan di, biasanya premiere gitu tuh.Di keluar, udah ditodong -todong.

18:34

Iya, gimana bang, bagaimana?Dan mereka kan antusias.Iya.Sumpah ya, statement orang -orang di premiere, jangan jadikan patokan.Iya nggak tapi, Iya, iya sih.Iya nggak?

18:46

Iya sih.Pernah nggak ketemu orang yang di premier bilang jelek?Nggak ada coy.Iya kan orang diundang.Iya.Dan kita dikirim undangan ke rumah.

18:53

Agak kurang, agak tidak tau diri lho.Iya.Kalau misalnya bilang kayak, kayak, kayak lagi lebaran diundang makan terus kayak, ini nggak enak ini kenapa nih?Iya.Kayaknya itu kalaupun nggak enak pasti disimpan gitu kayak, aduh nggak enak lagi makanannya.

19:06

Berarti diplomatis tuh apa, seru gitu kali ya?Itu kan diplomatis tuh.Iya.Filmenya seru banget gitu kali ya?Kalau, kalau kita kan sebenarnya biasanya kadang -kadang

19:14

mengalihkan.Jadi kita meng -highlight hal -hal yang memang kita sukai.Misalnya secara cerita kita nggak terlalu tertarik, katanya nggak pas nih.Tapi misalnya beberapa pemain aktingnya bagus.Yaudah kenapa apa salahnya kita meng -highlight itu gitu.Which is gak bohong juga.

19:30

Gak bohong.Bagaimana filmnya?

19:32

Waduh ini aktingnya disini bagus banget ya.I see.

19:35

Jadi kalau saya sih biasanya larinya kayak gitu.Karena kadang -kadang juga kalau sampai bohong itu juga kayak gak rela juga sama...Diri sendiri gitu.Iya, sama penonton.Iya.Jadi, ya paling tidak apa yang kita sampaikan itu bener -bener hal yang kita rasakan.

19:49

Tapi selalu film yang diundang premiere itu ada bagusnya dong?Ada nggak yang kayak lo diundang premiere kayak, ini nggak ada yang bisa dipuji nih gitu?Nggak mungkin ya?Pasti ada aja lah ya?

20:03

Kita punya film aja, kadang -kadang ada kita merasa kayak, gak lagi nih.Gak jalan lagi nih gitu.Gak jalan tuh maksudnya di studio kok gak kena gitu?

20:11

Kayaknya itu mau di studio di orang banyak juga nggak kena aja gitu.Ada beberapa lah maksudnya.Tapi kayak oke fine gitu.Karena kita juga ngerti lah ya.Iya kadang -kadang ada keterbatasan, ada problem lah ya di lokasi yang kemudian persiapannya nggak mantan lah.

20:27

Yang diterjemahin di layar tuh jadi kayak kurang.

20:30

Iya gitu.

20:31

Dan kadang orang nggak tau soal itu kan.

20:32

Karena kan kompleks banget kan.Kadang -kadang sutradaranya kita suka nih.Dia ngarahinnya kita senang, tapi pas masuk di ruang editing, produsernya ga lagi rasanya gitu.Bener, dia potong aja potong.

20:44

Wah begitu di jahit, lah kok ga nyambung.Terus kita nanya ke saudaranya, bang kok jadinya begitu sih?

20:49

Ya gimana dong?

20:50

Iya kan, halal kayak gitu lah.Berarti mungkin ada benarnya ini termasuk kayak gitu juga, kedewasan -kedewasan untuk tau dari dua sisi.Betul, betul.Berarti ini dewasa banget ya?

21:00

Saya itu dulu merasa bahwa diriku itu cukup frontal.Dan cukup... cukup terlalu hitam putih menilai segala sesuatu itu.Vokal banget untuk menyampaikan apapun gitu.Makanya orang selalu bilang, kasih kerjaan terus aja hari keriting.Dia kalau nganggur sedikit pasti tweet war.Nyatanya begitu.

21:23

Serius, saya itu kalau lagi tweet war itu teman -teman saya lagi gak ngapa -ngapain.Berarti lo kalau berantem sama orang di Twitter itu kadang lo lagi nganggur?Iya, itu saya lagi nganggur tuh.Lagi gak ada yang dipikirin.Lagi punya banyak banget waktu luang gitu.Kayak oke mari kita bertarung gitu.

21:37

Oh wow.

21:37

Jangan -jangan semua orang yang berantem di Twitter gara -gara waktunya luang banget ya?

21:41

Ada dua bang.Ada satu yang gara -gara waktunya luang gak ada kerjaan.Ada yang satu emang kerjaannya itu.Oh iya sih.Ada yang dibayar juga ya pasti.Ada yang dibayar emang kerjaannya dia itu.

21:49

Yang repot kan kita yang harus mengerjakan yang lain tapi menanggapi orang yang dibayar untuk itu kan sebenarnya ngapain gitu.Dia dibayar kita dapat marah -marahnya doang gitu.Oke.Nah sekarang saya tuh 2 tahun terakhir ini merasa Tidak se intense itu lagi untuk memberantemin gagasan dan perspektifnya orang gitu.

22:08

Karena lu mulai bisa melihat argumen dari sisi seberang?Betul.Oh iya?

22:14

Karena saya merasa, ini kita bicara konteksnya sosial politik ya.Bicara konteksnya sosial politik.Saya merasa dulu orang -orang yang saya percaya banget gagasannya, statementnya gitu.Hari ini bisa tiba -tiba berseberangan dan bertolak belakang dengan apa yang kemarin.sering kita diskusikan gitu, secara idealisme.Sebaliknya, orang -orang yang dulu yang kayak berseberangan banget cara pandangnya dengan kita, hari ini kita ngobrol dan fine banget.

22:46

Menurut saya Ustadz Felix ngapain sih sekeras itu gitu.Maksudnya dia memang di framing cukup radikal kan.Tapi secara statement juga saya merasanya gitu kayak di framing doang mungkin saya nggak akan percaya gitu.Tapi secara statement juga di mataku waktu itu, di POV -ku itu kayak, wah ini keras nih.Nggak suka?Nggak suka?

23:07

Dua tahun terakhir ini kadang -kadang ketemu Ustadz Felix itu kayak, oh fine aja gitu.Dan ternyata statement -statementnya dia yang dulu juga ya balik lagi mungkin ada benarnya.

23:17

Hanya bukan selera saya pada hari itu aja gitu.Oke, itu yang berubah Ustadz Felix -nya atau elunya?Bisa jadi dua -duanya.

23:25

Ustadz Felix -nya juga mungkin ada perubahan yang terjadi di hidupnya.Saya juga mungkin ada perubahan yang terjadi di hidupnya saya.Sehingga dinamika menurutku ya.Manusia mungkin semakin dewasa, semakin banyak informasi yang masuk.Jadi yang disaring juga semakin banyak gitu, saripatinya gitu.Yang kita justru jadi bisa melihat sesuatu yang di belakangnya lagi gitu.

23:49

Artinya, kalau dulu lo bisa ribut -ribut sama orang karena beda pandangan, dan sekarang baik -baik saja, maka itu menjadi filter lo juga.Kalau mau ribut hari ini, lo juga mikir lagi.

24:00

Ah, mungkin gue belum kena aja nih dari sudut pandang dia gitu.Belum Maxine hari ini, siapa tau besok Maxine nih hal -hal ini gitu.

24:07

Jadi nggak perlu diributin sekarang gitu?Betul.

24:09

Oh wow.Betul.Dan kalau misalnya kita tetap berbeda pandangan, nggak harus se -kontras itu.Nggak harus sekencang itu untuk berdebat.Untuk hal -hal yang bisa diperdebatkan ya.Kan di dunia juga, di hidup kita ada hal -hal yang nggak bisa diperdebatkan kan.

24:23

Betul, harga matilah gitu.Ya, pelecehan seksual, itu kan udah nggak ada perdebatan.Misalnya atau...Pemenuhan lah.Pemenuhan, misalnya gitu.Atau kemerdekaannya Palestina, itu nggak bisa diperdebatkan gitu.

24:40

Tapi ada hal -hal yang sifatnya gagasan.Yang mana dulu itu kita concern banget untuk... membela gagasan kita dan menjatuhkan gagasan orang satu sama lain.Itu saya ngerasain kayak, ngapain ya dulu sekencang itu ya.

24:51

Atau level yang lebih lain lagi, yaitu soal selera.Selera kan juga kayak gitu, orang bisa berdebat hanya karena soal selera doang.Betul.Film ini, stand up comedy.ini, itu kan kita bisa...Orang ribut bisa hanya karena selera.

25:04

Iya gak?Kan selera orang beda -beda.Mungkin ada benarnya juga selera dia ya kan?Benar.Bahkan misalnya kayak Blue Material.Di awal -awal kehadiran stand up komedi itu kan..

25:14

.Nge -blue itu kan kayak, ngapain sih nge -blue?Emang nggak bisa ngelucu dengan cara yang...Clean.Kalau nge -blue doang mah gampang.Eh, ternyata sampai sekarang kita juga ngerasa kayak, kayaknya nge -blue juga nggak segampang itu deh.

25:27

Nggak sekedar ngomong jorok, ada seninya juga, ada triknya juga, gitu.

25:30

Iya, karena kalau cuma sekedar ngomong kayak gitu -gitu, penonton juga bisa ngerasain do' juga kan?

25:34

Rising, gitu.Ini buat shocking factor doang nih, gitu.Betul, betul.Jadi apa yang dulu kita rasa kayak, ehnya jangan gitu -gitu amat deh.Sekarang kita malah... seiring berjalannya waktu kita jadi bisa lebih menerima banyak hal gitu.

25:48

Berarti nanti stand up komedinya, lo akan memaparkan hal -hal yang dulu lo antipati dan sekarang mungkin ada benarnya, kira -kira formulanya gitu, formatnya gitu?

25:56

Iya.Atau gimana?Lebih kepada sebenarnya nggak 100 % kayak gitu juga.Lebih kepada apa yang terjadi hari ini.Yang menurut saya kita sikapinya itu terlalu... terlalu intens gitu.Terlalu pro dan kontra.

"99% accuracy and it switches languages, even though you choose one before you transcribe. Upload β†’ Transcribe β†’ Download and repeat!"

β€” Ruben, Netherlands

Want to transcribe your own content?

Get started free
26:12

Nah...Ternyata kalau itu saya rasa ya, kalau itu di jaman saya dulu masih 10 tahun yang lalu, itu pasti jadi makanannya saya tuh.Pasti saya senang tuh, sibuk mengurusi hal -hal itu tuh, yang nggak ada hubungannya sama hidupku sebenarnya.Nah sekarang tuh kayaknya... lebih kepada membaca situasi dan merasa kayaknya yaudahlah mungkin ada benarnya dan yaudah kita melanjutkan melakukan sesuatu yang lebih punya dampak terhadap dirinya kita.Lebih seringnya begitu saya sekarang.

26:41

Apa aja itu nanti akan lo bahas.Gini, gini, gini.

26:43

Iya dan itu lahir dari observasinya saya terhadap situasi hari ini.Iya.Kayak misalnya pemerintah punya aksi ini.Anggapan masyarakat seperti apa.Nah itu disitu saya kayak ngerasa ada beberapa kelompok masyarakat yang menurutku kayakagak berlebihan deh.

26:56

Kayaknya mungkin gak segitunya deh gitu.Nah itu argumen lu akan bawa di panggung.Betul.Kapan sih acaranya?Tanggal 2 Mei.

27:03

Tanggal 2 Mei, oh bentar lagi.

27:06

2026 di?

27:07

Di Geraha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.Geraha Bakti Budaya.Tempat yang hitam juga.

27:12

Oh, iya yang kemarin ya.

27:15

Tiket bisa dibeli di?Tiket bisa dibeli teman -teman di www .mungkinadabenarnya .

27:23

com Mungkinadabenarnya .

27:26

com Tiket harga?Yang tertinggi itu diamond Rp585 .000 Lalu ada platinum Itu selisihnya Rp50 .000 Oke, Rp50 .000 Platinum, kemudian ada gold, ada silver Terus ada balkon satu, ada balkon itu.185 ya?

27:46

Yang paling murah 185 ribu.Oke, dan dua show kan?Dua show, ada yang siang, ada yang malam.Itu dua show itu baru lo lakukan di show sebelumnya?Atau sebelumnya pernah main lagi?Ilmu Hitam juga dua show.

27:58

Nah sebelum Ilmu Hitam nggak pernah?Saya punya show spesial pertama Ilmu Hitam.Oh, itu show pertama lu justru?Setelah 11 tahun itu, stand up saya nggak pernah bikin special show.Oh, di kepala gue tuh lu udah banyak special ya.Makanya saya tuh merasa telat bikin special show sebenarnya, setelah bikin Ilmu Hitam.

28:15

Oke.

28:15

Saya tuh ngerasa kayak, ini kenapa nggak saya bikin ini dari dulu sih?Eh, coba -coba.Ini kan Ilmu Hitam, special show pertama lu.

28:23

Betul.Makanya saya bikin yang sekarang lagi nih.

28:25

Menyenangkan banget?Menyenangkan banget.

28:27

Apa rasanya special show pertama?Apa ya?Satu, kayak dialog yang utuh tuh dengan kita punya audiens.Karena kan dari start sampai endingnya kan kita sampaikan tuh segala sesuatu yang kita pikirkan, yang kita rasakan, yang pengen kita bagikan gitu.Kemudian ya responnya penonton seperti apa kan.Itu menurutku diskusi dua arah sebenarnya.

99.9% Accurate90+ LanguagesInstant ResultsPrivate & Secure

Transcribe all your audio with Cockatoo

Get started free
28:50

Bedanya penonton nggak perlu menanggapi dengan dialog.Cukup dengan ketawa aja gitu.Tapi menurutku itu interaksi gitu.

28:56

Sebagai permakluman dengan ketawa.Betul.Kalau ketawa berarti lo menerima.Betul.Setuju dengan apa yang kita sampaikan gitu.

29:04

Saya merasa ada banyak sekali saya punya materi -materi dulu yang sebenarnya cukup cukup menyenangkan, cukup fun, dan cukup penting untuk disampaikan, tapi dia nggak utuh.Jadi dia berantakan di mana -mana gitu.

29:20

Materi -materi sebelum saya bikin spesial show.

29:23

Saya tidak bisa satukan dia dalam satu paket karya yang bisa saya representasikan ulang gitu.Kayak ini dulu yang saya bicarakan.Dan materi -materi itu setelah saya ingat -ingat banget, itu sayang banget gitu kenapa saya nggak bikin jadi satu karya di spesial show gitu.Ketika akhirnya saya bisa bikin ilmu hitam itu, saya ngerasa bahwa ini sebagai seorang siniman utuh nih.

29:42

Kayak tweet sama buku lah.

29:45

Dulu kita punya tweet gagasan -gagasan banyak lagi fresh -freshnya otak, tapi bercecaran di Twitter aja gitu.Di blog mungkin paling bagus lah, syukur -syukur kalau ada yang nyangkut di blog gitu.Tapi ketika tulisan -tulisan itu hidup dalam sebuah buku kan dia menjadi utuh gitu.Dia bisa melintasi zaman.Jadi kayak beat -beatku yang dulu itu tuh Menurutku pada akhirnya tidak bisa melintasi zaman.20 tahun dari sekarang juga belum tentu orang masih mau nyari dulu ini orang ngomong apa ya.

30:13

Tapi kalau special show itu ternyata seutuh itu gitu.Kayak misalnya saya kangen melihat pendekatan komedinya Chris Rock dulu -dulu, bisa nyari gitu.Yaitu Tilde Messinger apa ya yang dia bicarakan dulu ya, saya kok lupa -lupa ingat.Jadi bisa lihat lagi gitu.Nah sekarang, referensi tentang proses berkaryanya saya sebagai stand -up komedian baru ilmu hitam kan.Jadi saya mau naruh lagi beberapa gitu.

30:38

Jadi sebagai arsip pemikiran Ari Kriting secara komedik.

30:42

Betul.

30:42

Oh wow, lu menaruh itu sangat hebat.berarti sebagai seorang seniman ya?

30:46

Iya, menurutku special show ini disitu tempatnya menurutku.Ternyata setelah saya bikin itu kayak, duh kenapa gak dilakukan dari dulu ya?Bidikku yang dulu tuh udah berceceran aja tuh mau saya kumpulkan sekarang juga udah gak up to date, udah gak ini.Misalnya nih, kalau ilmu hitam saya ngomongin soal Pilpres.Iya kan?Jadi saya bisa tuh ngeliat tuh, oh pas Pilpres 2024 saya punya materi ini nih.

31:13

Dan kejadiannya kayak gini.Nah tapi kan saya punya materi 2019, 2014, apa tuh yang saya ngomongin di masa itu gitu.Sikap saya terhadap situasi -situasi yang terjadi apa secara komedik gitu.

31:25

Paham, paham, paham.

31:26

Itu hilang.Hilang aja udah.

31:28

Oke.Sebelum lo naik sebagai special show pertama, Apa lo muntah kah?Lo asem lambung kah?Atau biasa aja justru?Kan spesial pertama tuh ilmu hitam.

31:37

Iya, mungkin karena lama ya.Lama tidak melakukan itu ya.Jadi sebenarnya lebih kepada kayak penasaran.Kayaknya itu.Sebelum naik nih?Iya.

31:54

Oh, udah biasa.

31:55

Betul.

31:56

Durasinya udah aman.Betul.

31:57

Cuma belum pernah yang jadi ini spesial show gue nih.

31:59

Oke.Itu tuh yang bikin saya menyesal.Tapi nggak grogi berarti?Keringat dingin, apa?

32:05

Grogi, tapi grogi -grogi standar.I see.Kayak biasa lah.Iya, grogi -grogi standar.Dan saya kan buka waktu itu cukup... cukup ini lah, maksudnya cukup dinamis lah bukanya gitu.Jadi kayak, saya sudah tau nih saya mau buka pakai apa, jalannya kemana, dan saya sudah coba materinya selama mungkin 2 tahun lah.

32:25

Oh, dengan di special show yang, eh, dengan di acara -acara lain?Gigs -gigs yang lain.Itu sih yang saya rasa kayak, sayang banget kalau stand -up komedian nggak bikin special show.

32:36

Bener?Setuju?Itu saya setuju.Oke, setelah selesai ilmu -ilmu,di hari malam itu, itu perasanya kayak apa?Karena lu bilang lu suka banget tuh.

32:44

Iya.

32:45

Apa lu gak bisa tidur?Gak bisa tidur.Ih sama, kenapa ya?

32:48

Gak bisa tidur.Adrenalin tuh.Iya.Lagi dikuasai adrenalin banget.Tiap kali abis show nih?Iya.

32:52

Emang nggak bisa tidur ya?Kenapa ya?Gue juga bingung.Nggak bisa tidur padahal kayaknya nggak ada yang dipikirin juga sih.Dan harusnya capek nggak sih?Itu saya juga tidak tahu.

33:00

Maksudnya secara tubuhnya kita itu aman nggak itu?Merasakan hal seperti itu karena sebenarnya kan capek banget.Tapi entah kenapa kita nggak bisa tidur.Iya lagi nggak bisa tidur.Masih kebawa keseruannya.Makanya itu yang terjadi sebenarnya dalam beberapa Sun stand up night -nya komunitas.

33:20

Itu bertahun -tahun kami jalani.Jadi kita kalau misalnya lagi jadi guest star -nya Sun, habis special show, itu malamnya ngumpul sama anak -anak ngobrol sampe subuh.Padahal capeknya minta ampun itu.Euforianya itu.

33:33

Lu bayangin gak sih, kayak gue kan panjang nih.Gue mungkin salah satu termasuk yang stand up comedy ini yang special show -nya lumayan panjang nih turnya kan.Oh bukan salah satu, satu -satunya kayaknya.Yang paling panjang kan.Kan tiap weekend nih, euforia kena terus kan.

33:46

Dar, dar, dar.

33:47

Tiba -tiba itu hilang, itu stress banget.Itu yang gue baru sadari sih, beberapa special show terakhir.Begitu berhenti, gak enak banget rasanya.Dada itu berat jadinya.Kayak hampa.Iya, karena setiap minggu, Gue sampe butuh bantuan profesional gara -gara itu.

34:04

Butuh bantuan profesional untuk apa?Untuk move on?Iya, untuk memproses perasaan gue.Baru gue tau tuh.Oh kehilangan?Kayak rasa kehilangan banget gitu kayak...

99.9% Accurate90+ LanguagesInstant ResultsPrivate & Secure

Transcribe all your audio with Cockatoo

Get started free
34:13

Iya kan?Lu bilang kan ever ya kan?Betul.Menyenangkan kan?Iya.Gue dapet tiap minggu, Rie.

34:18

Tiap minggu, tak, tak, tak, tak, tak.Selama mungkin setahun.Abis itu selesai.Gila gak tuh?Maksudnya kayak...Betul.

34:25

Kehilangan itu.Ini ada satu hal yang saya sadari, Bang.Sebagai orang yang dipertunjukkan, panggung.Jadi, sekarang saya tuh kalau nonton...Salah satu yang sesuai.sukakan sebenarnya nonton musikal.

34:36

Atau teater gitu, teater atau teater musikal.Itu kalau ada kesempatan saya pasti berusaha nonton.Rata -rata saya nontonnya itu justru pertunjukan paling akhirnya.Karena?Karena saya suka tuh ketika si aktor -aktor pemain -pemainnya ini orang yang ada di pertunjukan ini mengucapkan Terima kasih, tapi bukan terima kasih terhadap kita penonton, tapi terhadap panggungnya.Bagaimana mereka berpisah.

35:03

Saya pernah nonton, apa ya, Perahu Kertas.Perahu Kertas itu saya nonton pertunjukan terakhirnya.Dan mereka kan sudah tampil beberapa minggu itu kan.Nah itu saya rasakan energinya itu kayak...Saya tau lagi nih perasaan ini.Penghabisan.

35:19

Iya penghabisan kayak, aduh besok ngapain nih.Itu saya rasa tuh energinya itu, saya tau tuh ini energi yang saya kenalin.Dan itu ternyata menurutku menarik sekali sih.Maksudnya sebagai orang pertunjukkan pasti kita di titik dimana pertunjukan ini berakhir malam ini dan besok sudah tidak ada lagi.Kita akan memulai sesuatu yang 100 % baru.Itu tuh emosionalnya itu beda banget.

35:47

Beda banget.

35:48

Beda banget itu.

35:49

Makanya saya kalau misalnya nonton musikal atau teater, kalau waktunya masih cocok, saya pasti cari yang...

35:55

Yang terakhir.

35:56

Yang pertunjukan terakhirnya.Energinya beda banget.Ketika mereka berpisah dengan panggungnya itu, bukan berpisahnya orang kerja.Kalau orang yang misalnya di pertunjukan tengah, dia itu, terima kasih.Itu kayak matanya itu kayak, oke malam ini selesai, besok kita bersemangat lagi.Kita akan melakukan ini lagi besok.

36:13

Tapi kalau yang ending itu kayak, terima kasih gitu.Kayak campur -aduk antara lega, tapi antara sedih.Karena ini dia persiapkan berbulan -bulan.Kemudian ini adalah malam terakhir mereka melakukan ini.Itu magicnya beda banget menurut saya.

36:28

Mungkin ada perbaikan -perbaikan kecil?show -show sebelumnya secara inkremental kan?

36:32

Itu juga mungkin.

36:33

Perbaikan -perbaikan.

36:33

Udah nothing to lose, udah kayak ini terakhir.Jadi bisa jadi, bisa jadi.

36:38

Nah ini berarti 2 show juga.Yes.Siang dan malam.Siang dan malam.Selangnya setahun berarti ya?

36:47

Berarti 2...ih 3 tahun ya?Lumayan, 3 tahun sebenarnya.

36:51

Wah lumayan ya, lumayan lama ya.Lumayan 3 tahun sebenarnya.Jedahnya ya?Tapi ini sudah cukup cepat untuk saya.Saya itu tipikal sebenarnya yang sangat berhati -hati bikin hal seperti ini.Karena maksudnya butuh waktu lah saya untuk meyakinkan kayak, oke deh kata spesial itu untuk kami ini kayaknya...

37:08

Spesial?Iya, harus spesial.

37:11

Jadi kalau sekedar untuk itu tuh...Gak sanggup saya.Prosesnya gimana?Proses kreatifnya.Jadi lo ngumpulin premis dulu.Betul.

37:19

Abis itu diapain?

37:20

Dicobain di...Dicobain di beberapa gigs, di open mic.Kemudian ada beberapa juga yang sudah rilis di beberapa panggung.Tapi itu dia tadi.Menurutku ya, kalau dulu itu kan saya kasihkan... merasa tetap stand -up gitu.Setiap stand -up -nya saya ada kok.

37:38

Setiap apa namanya, jambore stand -up, hampir semua saya ada.Jadi saya merasa eksis di dunia stand -up gitu.Bukan orang yang tercaput dari akarnya.Tapi ternyata itu salah gitu.Harus di special show.Sehingga menurutku sih nggak apa -apa kita tampil di stand -up fest, kita tampil di jambore.

37:56

Tapi kalau bisa materi itu juga terekam di special show -nya kita.

38:01

Jadi jangan karena Jangan karena...Udah pernah manggung?

38:05

Udah pernah...Misalnya kayak ini udah pernah dibawakan dulu, bebannya itu gitu.Aduh, mau pake materi apa?Orang materi saya sudah saya bawa disini, sudah saya bawa disini.Ya, tapi kan belum disatuin.

38:15

Itu.Oh, I see.Gue paham maksud lo.

38:18

Jadi, itu yang saya bilang tadi, materi itu tercecer di mana -mana.Menurutku tuh materi itu kalau saya satukan dalam satu spesifikasi,show, saya bisa cerita hari ini gitu.2017 dulu saya bikin ini bang.Tapi karena dulu saya merasa bahwa nggak apa -apa deh, saya tidak bikin special dulu -dulu itu karena itu.Karena ah, udah dibawa di sini lagi materinya.

38:38

Udah di ecer di sini lagi materinya.Ilmu hitam juga sebenarnya seperti itu.50 % materi ilmu hitam itu sebenarnya saya sudah bawakan di beberapa pertunjukan.Tapi tidak dipublikasikan kan?Jadi dipublikasikan.Secara publik kan?

38:51

Betul.

38:52

Oh ya aman berarti.Betul.Tapi dulu itu kan ada ego bahwa kayak materinya udah dibawain gitu.Karena kalau nggak kapan latihan ya?Kalo lu selalu mikir bahwa, udah pernah gua bawain, ya kapan lu bisa bawain?

39:04

Bener, bener.Makanya itu pemikiran yang keliru pada masa itu gitu.Berpikir bahwa, udahlah yang penting saya masih ngisi di stand -up fest, ngisi di itu, menurutku itu keliru banget.

39:15

Nah ini materi -materinya udah diuji full tapi?Udah ada open mic yang full?

39:20

Saya sudah open mic di hakor beberapa kali.Udah pernah disatuin di satu latihan?Belum.Tapi udah punya bayangan?Udah punya bayangan.

39:28

Udah mulai dirasa set list -nya kayaknya pembabakannya ini dulu, terus lari kesini, terus lari kesini.Oke.Total proses penulisannya berapa lama?Yang sekarang?Ini sebenarnya mungkin sudah satu tahun sih.Sudah dari tahun lalu saya nyicil.

39:44

Lumayan ya.Berasanya tuh tahun lalu, ketika saya nemu beberapa materi yang kayaknya ini mau saya satuin deh, gitu.Berarti nggak direncanain juga kan?Maksudnya nggak lo kayak, oke dalam 3 tahun gue akan bikin spesial lagi?Nggak kan?Saya ngerasa materi ini sayang kalau saya ecer.

40:00

Dia kalau misalnya saya tunggu tahun depan kayaknya dia udah nggak... relate lagi sama situasi yang terjadi gitu.Tapi kalau tahun ini kayaknya masih boleh deh ngomongin ini.

40:09

Ada ini nggak?Ada bantuan atau ada pelajaran lu dapet dari jadi seorang podcaster nggak?Karena kan lu kan sering sama Tikum juga, terus punya sendiri kan?yang sama Mamat ya?Yang gue main juga kesana waktu itu.Podcasting ini ngebantu bikin materi kah?

40:27

Atau malah justru jadi berbahaya karena bisa aja lo sebar -sebar di podcast kah?

40:31

Premis -premisnya apa gimana tuh?Sebenernya sih menurutku memang cukup membantu.Dan kalau misalnya kisih -kisihnya ada di podcast, oh juga delivery -nya ketika di stand -up akan sangat berbeda gitu dengan di podcast sebenarnya.Jadi, menurut sih podcast memang membantu juga sih untuk ibaratnya nemu...Kadang -kadang ini ya, saya kalau lagi podcast ya, ngobrol -ngobrol -ngobrol -ngobrol -ngobrol.Terus, opiknya lewat kan, tapi punchline -nya masih nambah gitu kayak, yaudah taruh aja buat stand -up gitu.

41:02

Jadi kayak dari bahan obrolan kita gitu.Kan kalau podcast kadang -kadang kita suka tiba -tiba lompat ke...Pembahasan selanjutnya kan.Padahal kayaknya pembahasan tadi ini masih menarik dan masih bisa digali lagi gitu.Terus kayak, oh yaudah deh, ntar aja buat stand up gitu.

41:19

Itu menarik juga tuh.Padahal gue ada beberapa anegdot yang kayak, gue mau bawain di stand up nih, tapi udah pernah gue bawain di podcast kan.Jadi kayak gue penahan diri tuh.Tapi ternyata beda ya?

41:29

Menurut gue beda cetakan, Bang.

41:31

Beda cetakan.

41:33

Jadi kayak stand up itu, Buatku sih dia hampir setara sama buku sama film.Jadi misalnya kita punya ciri khas gitu.Katakanlah kita punya ciri khas di panggung, di mana.Tapi ketika ciri khas itu kita abadikan di film juga jadi kayak sesuatu yang beda lagi gitu.Paham, paham.Menurutku sih itu justru menyenangkan.

41:57

Itu adalah karena kita bisa taruh itu di banyak Banyak tempat, banyak medium.

42:02

Tapi gue sering tuh kayak lagi ngobrol kayak gini, terus ada sesuatu kan, kayak ada cerita gitu.Terus begitu kelar gue bilang ke anak -anak, potong ya, gue bikin senap aja.Gitu gue juga pernah.

42:12

Tapi kan dipotong.Oh dipotong.Iya.Kalau saya kayaknya sih nggak apa -apa dia tayang, tapi saya tahu cara memformat dia menjadi rasanya di stand up.Bukan di podcast.

42:22

Oke oke.

42:23

Keinginan tour adakah?Keinginan tour ada.Untuk kali ini saya cukup cukup pengen menyambangi beberapa kota.Tapi mungkin saya tipikalnya juga nggak yang mau ngerencanain di awal terus jalan.Mungkin saya akan coba selesaikan dulu pertunjukan disini, nanti saya rasa kalau kayak energinya kuat, nah mungkin saya akan bawa ke kota yang lain lagi.Tapi sebenarnya sih lebih kepada jadwal sih Bang, kan tur itu kan butuh beberapa bulan.

42:51

Masa itu kadang -kadang sudah ada kayak pekerjaan mau masuk syutingan, produksi lagi, produksi lagi.Jadi kayak belum ideal untuk bikin tur, harus benar -benar kayaknya kalau tur memang harus benar -benar Nggak mau ngapain -ngapain dulu, motor aja dulu mungkin.Nggak bisa nyelip dia.

"The accuracy (including various accents, including strong accents) and unlimited transcripts is what makes my heart sing."

β€” Donni, Queensland, Australia

Want to transcribe your own content?

Get started free
43:07

Kalau sekarang apa?Lu lagi buat 2021 ini proyek arikriti apa nih yang bisa di -share nih?Yang paling terdekat sih mungkin ya titik kumpul.

43:15

Titik kumpul mau diapain?Difilmin.Oh iya?Rencana kita.Tapi baru rencana.Yang foto bareng Ernest.

43:23

Ya.Ya.Kan itu kayaknya udah gak serah asia itu lagi ya.Harusnya dong ngebaca ya.Gak apa -apa sih.

43:30

Soalnya Ernest juga tadi sempet nyinggung soal itu.Oh dia sudah bilang.Dia sudah bilang kita lihat nanti.

43:36

Ya, rencana.

43:38

Makanya baru rencana.Tapi ada keinginan lah.Ada keinginan.Baru rencana.Gimana -gimana?Udah sampe mana nih?

43:44

Menjadi filmnya ini?Apa ngumpulin premis?Masih ngumpulin berani sih.Kita jujur aja.Jadi ngumpulin terlalu bertengkar.Oh iya?

43:52

Berantem mulu?

43:53

Iya.Kalau mau bikin film itu, debatnya terlalu panjang daripada solusinya.Soal cerita?Soal cerita.Oh...Nanti abis itu setuju nih.

44:00

Wah menarik, menarik, menarik.Setelah debat panjang itu.Menarik.Sudah.Ngendap.Dua minggu kemudian kita syuting lagi.

44:09

Bahas lagi.tuh cerita yang kemarin.Tapi kemarin cerita itu lemahnya disini tau.Oh iya ya?Iya.Bagaimana kalau kita bikin begini?

44:16

Muncul lagi kegagasan baru tuh, debat lagi satu malam itu.Berubah lagi ceritanya gitu kayak, sebenernya kita mau bikin apa sih ini?Jadi kumpul jangan terlalu ngumpul -ngumpul amat lah.Kebanyakan ngumpul jadi berubah mulu ya?Iya.

44:28

Yang foto kalian sama Ernest sama Dipa itu, itu tuh memang kalian ngajak makan, Atau Ernest yang ngajak makan apa gimana sih?

44:38

Kan lagi korean barbecue kan?Iya, pada akhirnya kita ngobrol kayak... memantapkan diri.Kayaknya bagaimanapun juga kita harus berusaha untuk eksekusi ini menjadi...Film.Sebuah film.Maksudnya ada cerita yang kita pengen deliver gitu.

44:54

Oke.Sehingga yaudahlah kita propose.Whatsapp ke Ernest dong.

44:57

Whatsapp ke Ernest.

44:58

Makan gitu.

45:01

Yaudah coba kita makan sama -sama.Udah kita makan ngobrolnya masih santai -santai aja.Lalu?Lalu yaudah kalian mau gimana nih ceritanya.silahkan diproses dulu.Nah sekarang lagi baru proses mau pengajuan cerita.

45:15

Kalau kokirnya suka ya jalan.Yang bayar makan siapa?Yang bayar makan?Kita kan sebenernya ngajak.Tapi ternyata yang kita ajak ada yang kaya.Dipenuhi sama producer -producer itu ya?

45:29

Iya.Kayaknya kok sungkan ya kalau kita yang bayar gitu.Makan sama orang kaya tuh sungkan kalau kita yang bayar.Waktu itu gym sama itu kan ada yang bayar juga saya.

45:41

Anak daerah kok diajak.Oh, wow.Tapi mudah -mudahan jadi lah ya.Karena kan cerita udah ada.Udah ada.

45:50

Kok Ernest tadi sampai dimana sih dia ngobrolnya?Kok jadi saya kayak akuasai terlalu banyak?

45:58

Ini tuh tayang sebelum Ernest kan.Padahal gue syutingnya duluan sama Ernest.Jadi kalau ada yang nonton nanti, itu sebenarnya duluan akuasai.nih.

46:06

Eh, duluan Ernest.

46:07

Aduh kok saya jadi kayak bagi informasi yang terlalu banyak ya?Nggak sih, tadi dia bilang akan ada film.Kan gue nanya podcast lain tuh akan ada mau jadi film nggak?Ya kita ada obrolan sama podcast lain.Baru gue bilang, itu ya yang sempet foto bareng.Oh ya kayaknya semua orang udah pada tau nih titik kumpul.

46:25

Ya kita liat nanti, dia bilang gitu.

46:27

Masalahnya juga ada satu nih.Apa tuh?Kita kan biasanya kalau mempersiapkan begitu kan hati -hati, terus bagaimana caranya supaya siap dulu semuanya.Tapi ini memang anak -anak ini memang mulutnya nggak bisa ditahan.Setiap kali sekarang kita syuting podcast ya, semua langsung bilang, dan jangan lupa teman -teman nonton film kami ya.Belum ada filmnya?

46:48

Ya latihan aja dulu katanya.Jadi kita udah latihan promo film.

46:53

Yang upload foto kalian makan bareng siapa sih?

46:56

Rame -rame.Oh rame -rame.Sama -sama.Itu RS juga kaget tuh.Iya.Kalo diposting.

47:00

Iya.Tapi yang ini sekarang ini, anak -anak itu setiap kali tutup podcast film, podcast di Kumpul selalu promo film.Tapi alasannya latihan.Latihan aja dulu.Nanti kan kalo sudah ada kita sudah terbiasa.Maksudnya kayak terlalu cepat gak sih?

47:13

Tapi orang -orang udah pada rame dong pasti.Lumayan, lumayan.Eh tapi kan kita belajar dari Jumbo.

47:19

Jumbo tuh 5 tahun dipromoinnya.Maksudnya dibicarakannya.

47:22

Oh betul.Sirian kan udah dari awal proses dia mau bicarakan itu.Betul.Tapi kan maksudnya habis itu filmnya ada bang.Maksudku kan memang filmnya ada gitu.Dia membicarakan proses yang sedang berjalan.

47:37

Bener sih.Ini kan sebenernya saya agak deg -degan ini ngomongnya gitu, karena kan belum ada.Kan semua tergantung produser suka apa nggak sama skrip kan.Betul.

"I'd definitely pay more for this as your audio transcription is miles ahead of the rest."

β€” Dave, Leeds, United Kingdom

Want to transcribe your own content?

Get started free
47:45

PD aja.

47:46

Makanya.PD -PD.Maksudku boleh nggak sih setelah produsernya bilang, oke kita jadiin film.Ini kan nanti kok Ernest ngomong nih.Iya.Maksudnya saya ini belum tau dia ngomong apa.

47:54

Kalau ternyata dia bilang, iya kita lagi ini, nah itu kan enak udah ada lampu hijau dari dia.Sejauh ini kan belum ada.Pikir -pikir dia bilang, pasti dipikirin ya kalo masa tadi?Ya liat nanti, liat nanti.Makanya, liat nantinya ini kan.Tapi kan liat nanti itu kan bisa ada, bisa tidak.

48:10

Ya kayak misalnya, Ri gue besok mau padel nih.Betul.Mau ikut gue gak?Oh liat nanti bang.Liat nanti, iya.Itu kan belum kayak...

48:18

Belum tentu.Iya bener -bener.

48:20

Tapi kalo misalnya abang sudah terlanjur bilang, eh besok kita padel akan ada ini loh.Bener.Ternyata tidak datang.Itu kan, malu gak sih?Gak apa -apa.Yang penting orang udah tau prosesnya.

48:33

Kan ini kan terbuka.

48:34

Artinya, kalau misalnya akhirnya gak jadi film pun, berarti kan orang tau, oh mungkin memang belum jodoh dengan ceritanya.It's okay.

48:41

It's a part of the journey juga.Betul.Tapi ini dari obrolan ini, saya dapet sesuatu ini.Apa tuh?Pulang nanti saya mau kasih tau perasa abdur sama Mamat.Jangan terlalu promo dulu.

48:51

Mereka terlalu promo.Sumpah, aneh banget sekarang nonton Titik Kumpul itu.Ada film -filmnya apa juga kita tidak tahu gitu.Tapi promonya kencang betul anak -anak promo.Katanya, latihan aja dulu, latihan aja dulu.Saya bilang, terlalu percaya diri nih.

49:03

Mau gue kasih tips nggak?Coba ya.Datang ke Ernest dengan mungkin 3 premis.Iya.3 premis, terus nanya dia paling suka yang mana.Jadi jangan satu.

49:16

Jadi setidaknya Ernest punya pilihan.Jadi produser punya pilihan, misalnya dia suka cerita yang nomor 2, baru lu develop itu jadi sinopsis.Iya juga ya, jangan cuma satu.Iya, kalau cuma satu itu dia kayak bagus apa enggak.Tapi kalau lo bawa tiga, dia akan ngerasa, oh ini lebih mending nih.Ini kayaknya bisa nih, gitu.

49:33

Ada ini kayaknya bisa dari produser.

49:36

Kalau bawa tiga cerita.Pantas selama ini sinopsis saya banyak yang tidak tembus.Karena cuma satu.Besok saya bawakan tiga ini.Ini saya punya tiga, ini saya punya tiga, ini saya punya tiga.Terus kata dia kayaknya tiga -tiganya juga tidak tembus.

49:49

Kayaknya Bang Radit kayaknya kualitas deh kayaknya.Bukan masalah ada pilihan juga.Tapi itu menarik ya.Iya coba aja.Kayaknya orang kalau dikasih pilihan jadi ada kecenderungan untuk milih ya.

50:00

Iya.

50:00

Daripada pilihannya bukan suka atau tidak.Tapi mana yang bagus diantara tiga ini.Iya.

50:06

Dan gue waktu jaman masih aktif di film, gue biasanya ngasihnya tiga premis, lima premis.Silahkan dipilih.Gue bilang gitu.Pak silahkan dipilih.Dan itu juga cuma premis.sinopsisnya belum, bahkan belum ada.

99.9% Accurate90+ LanguagesInstant ResultsPrivate & Secure

Transcribe all your audio with Cockatoo

Get started free
50:17

Baru cuman kayak lockline doang gitu.Nanti dia bilang, oh ini menarik Dit, gitu.Tapi bayangin ya kalo gue cuman punya satu, terus dia kayak, aduh kayaknya nggak deh, gitu.Tapi kalo kita kasih opsi kan, ini -ini kayaknya bisa, gitu.

50:31

Meskipun yang lain juga nggak ya, gitu.Karena setidaknya ada yang jelek.Iya kan?Yang jelek itu kadang -kadang bikin bagus yang lain.Iya nggak sih?Kayaknya ini make sense lho.

50:41

Karena ada yang jelek.

50:44

Kayaknya daripada Radit nulis ini, mending Radit nulis ini deh.Gitu.Dan kalau misalnya tiga -tiganya bagus, di kepalanya udah ada sequel -sequelnya.

50:52

Misalnya tiga -tiganya bagus.

50:53

Oh ini bisa yang kedua.Oh, dapat kontrak kedua nih.

50:57

Make sense.Make sense.Coba deh, Kak.Apa ya?Apa ya namanya ya?Kalau di bisnis F &B juga ada tuh.

51:05

Yang big, yang sizenya big, medium, sama yang small.Katanya yang medium ini sebenarnya nggak pernah di...Butuhkan.Tapi yang medium ini dibutuhkan untuk mengangkat selling point -nya...Yang gede?Yang gede.

51:20

Karena dia mikir, oh selisih segini, gue bisa ini.

51:22

Itu.Yang kecil, kecil.Yang medium, segini.Tapi kalau saya tambah 2 ribu, udah langsung dapet yang gede, ah yang gede aja.Gitu.Oh iya.

51:31

Bener juga nih.Masuk akal.Masuk akal nih.Saya bikin 3 sinopsis, 2 yang saya rasa oke, saya bikin 1 yang jelek sekali.Jadi dia merasa kayak, bagus sekali nih yang 2.Iya bener -bener.

51:42

Iya.Kita bisa punya film sejelek ini loh, berarti ini bagus gitu.Tapi masalahnya, lu berantemnya lebih panjang.Karena tiga premis, lu harus ribut tiga -tiganya.Buat jadi tiga cerita.

51:54

Kan satu aja ributnya lama.

51:55

Betul.Iya kan?Betul.Lawan anak titik kumpulnya ini kan?

51:59

Oh, atau gini, begitu lu ribut, cerita udah mau berubah.Gapapa berubah, yang ini kita tawarin.

52:05

Betul.Betul.Aduh begini, masing -masing bikin satu cerita.Kan kami berempat.Iya.Masing -masing bikin satu cerita.

52:12

Saya bikin satu cerita, Abdur bikin satu cerita.Tidak akan ribut ini jadinya.Tidak akan.Pras bikin satu cerita, Mamat bikin satu cerita.Kita sodorin dari empat cerita ini, Abdur, Pras, saya, sama Mamat.Kita sudah tahu ini cerita mana yang jelek.

52:29

Abdur.Abdur, Pras.Iya makanya Abdur berarti.Abdur, Abdur.Berarti yang jelek yang mana?Saya, sama Pras, sama Mahmad bikin cerita masing -masing kan.

"99% accuracy and it switches languages, even though you choose one before you transcribe. Upload β†’ Transcribe β†’ Download and repeat!"

β€” Ruben, Netherlands

Want to transcribe your own content?

Get started free
52:38

Nah ini bisa jadi opsi nih kita sudah tahu.

52:48

bisa mengurangi resiko ribut.Betul.Karena keinginan semua orang tersampaikan.

52:54

Bener.Ini memang mencerahkan segala podcast ini.Mencerahkan segala podcast ini.Saya akan bawa skema ini ke mereka.Udah kita tidak usah ribut.Masing -masing bikin cerita masing -masing.

53:06

Kita tawarkan ke Ko Ernest.Kita sudah tau mana yang pasti ditolak.Tapi setidaknya kita punya peluang di yang lain.Betul.Betul.Menarik, menarik, menarik.

53:17

Menarik, menarik, menarik.Mahmad akan merasa diakomodir.Iya, tapi kita tau ujungnya sebenernya.Setidaknya dia sudah merasa diakomodir gitu kayaknya.

53:27

Lagi -lagi soal narkotik, lagi -lagi soal narkotik gitu.

53:29

Apaan sih ini soal memisahkan diri?

53:35

Oke, terima kasih Ari Kritin untuk memberi kesini.Jangan lupa untuk beli tiket buat show -nya Ari Kritin yang terbaru.Mungkin ada benarnya di www .mukjid .mungkinadabenarnya .com.

53:46

Show -nya tanggal 2 Mei tahun 2026.

53:49

Terima kasih semua yang udah nonton.

Get ultra fast and accurate AI transcription with Cockatoo

Get started free β†’

Cockatoo